Tournament report: Bali 10s 2009

Fikri Al Azhar
Super Coach

 

Setelah sebelumnya kita dikejutkan dengan hilangnya sponsor utama kita pada beberapa bulan sebelum bali 10s tournament tahun ini, kita sempat panik dan mengeluarkan seluruh usaha untuk tetap mengirimkan team kita. Ternyata Dewa Perang Rugby mengabulkan doa kita dan kita mendapatkan sponsor dari Laing O’Rourke dan United Tractors untuk tetap mengirimkan team ke bali 10s tahun ini. Special thanks to Bobby yang berhasil melebarkan sayapnya untuk bisa merebut hati sponsor2 baru ini.

Terima kasih juga untuk seluruh excomm banteng dan pemain lain yang bekerja keras untuk mewujudkan semua ini. Aaron dan akmal mengurus dari sisi financial, jadwal dan pemesanan akomodasi transportasi kita, fendy yang berhasil mendapatkan touring shirt kita jadi sebelum keberangkatan, (meskipun bola rugby kita telat sedikit), tito yang rajin berkoordinasi dengan Rodney di bali, dan semua banteng lain yang membantu. Jersey baru kita pun akhirnya selesai dua hari sebelum keberangkatan kita.

Pada hari jumat jam 7 malam, seluruh pemain banteng sudah berkumpul di airport untuk check in dan berangkat. Sebelum berangkat, Tour virgins kita tahun ini: Ebozz, Bocil dan Yohannes dianugerahkan topi SD untuk dipakai selama tour. Bisa dibayangkan betapa kocaknya Ebozz yang badannya segede king kong menggunakan topi ini? Nanti pasti beredar di facebook..Kita akhirnya menyadari kalau Ebozz adalah tour virgin paling tua di sejarah banteng, dengan umur yang hampir dua kalinya umurnya Daniel..

Mendarat di Bali sebelum tengah malam, banteng dijemput oleh Edo (yang salah informasi dan menunggu di terminal yang berbeda..) kita semua tidak sabar untuk melihat tattoo BANTENG nya Edo yang oleh sebagian pemain banteng menganggap itu mengingatkan mereka akan salah satu merk jenis makanan kaleng… setelah semua pemain berangkat ke hotel dan disambut oleh bobby, bayu, sam dan ferdy yang sudah sampai terlebih dahulu.. bobby menyambut dengan tattoo Jakarta banteng nya yang lebih besar dari tattoo Edo dan berwarna merah menyala…hehehe.. kemudian diadakanlah team meeting, pembagian kamar, dan touring shirt (reminder: yang harus dibayar masing2..)

Malam itu pun berlanjut dengan makan malam masing2 dan malam ini daniel menobatkan nick name baru untuk Denny yaitu “kakak pertama”….. wkwkwkwkwkwk.. (dibaca: we ka we ka we ka we ka..)

Hari Sabtu, 10 October 2009..

MATCH REPORT

Jakarta Banteng vs Halmahera Gosowong

Dikarenakan game pertama banteng jam 15.13 WIT, banteng datang siang dan langsung bersiap untuk melawan Gosowong Ghost.. Team Captain diberikan kepada Bobby.. yang langsung memimpin pemanasan dan mengeluarkan ceramah yang membakar seluruh semangat banteng.. Banteng turun dengan starting 10: Bobby, Denny, Rusman, Daniel, Aaron, Bahrul, Sam, Andrew, Teguh dan Fendy.

Kick off dimulai dan Banteng dengan tegas langsung menekan gosowong. Daniel tampil seperti singa lapar yang selalu memimpin serangan dengan crash ball yang tidak bisa ditahan oleh gosowong. Aaron dengan sangat luar biasa selalu mendukung dibelakang daniel dan try pertama langsung dicetak oleh Daniel. Bobby melabrak semua pemain gosowong didepannya dan kita menguasai pertandingan dengan menguasai setiap ruck dan line out.

Babak kedua berlangsung tidak jauh berbeda dengan babak pertama.. banteng menggebrak dengan tampil kesetanan.. ebozz, alton dan rusman bekerja keras melabrak setiap kesempatan dan suatu saat dari ruck bola banteng, alton goes solo mengambil bola, melompati ruck, goes blind dan seluruh penonton terkesima.. alton berlari kencang 10 meter, kemudian melewati garis dan menaruh bola di tanah dan langsung melonjak kegirangan! Semua banteng di pinggir lapangan juga ikut bersorak dan terkejut seakan2 tidak percaya!! Tapi.. kenapa wasit tidak meniup peluit yaa?  Dan mendadak beberapa pemain musuh berlari mengambil bola dan memainkannya ke arah lapangan banteng! Alton dan seluruh pemain banteng kemudian tersadar kalau alton menaruh bolanya di 5 meter line sebelum try line!! GUBRAK!!!

—–mulai sekarang kalau ada yang melakukan hal yang sama akan disebut dengan “Try ALTON”..—–

Setelah puas tertawa.. banteng kembali bangkit dan Sam berhasil melakukan try kedua banteng setelah berhasil menembus pertahanan gosowong dari umpan manis bahrul dari ruck. Alton kemudian masuk menggantikan abangnya dan menunjukkan nafsu buasnya dalam menyerang garis pertahanan musuh. Sam, Andrew dan Teguh menutup dan mentackle dengan keras setiap pemain gosowong yang setelah stress dengan forward2 gila banteng, dan mencoba melewati backs banteng. Fendy dengan pengalamannya selalu siap menutup di belakang apabila gosowong menendang bolanya ke garis banteng.

Try ketiga akhirnya diciptakan oleh Andrew setelah melakukan fake pass ke teguh dan dive ke tengah goal post untuk try ketiga dan terakhir banteng pada game ini. Skor akhir 21 – 5 setelah banteng kecolongan di sudut lapangan..

Jakarta Banteng vs Malaysian Sting / Sprint (Cobras U18)

Meskipun Sting ini merupakan U18, namun mereka terlihat sangat percaya diri melawan banteng karena pengalaman mereka yang lebih besar dan badan mereka yang sama besar dengan pemain banteng.. bahkan half back mereka lebih gede dari bahrul! Sebelumnya mereka sudah main dengan menawan melawan ISCI Samurai dan MAS Cougars.

Banteng turun dengan susunan pemain Bayu, Denny, Yudha, Daniel, Aaron, Bahrul, Sam, Andrew, Teguh dan Fendy. Sadar dengan kegesitan pemain2 Sting, banteng berusaha memainkan bola di forwards dan sesekali menggunakan crash ball Sam dan Andrew. Daniel kembali memimpin serangan dan seperti biasa tidak dapat dibendung oleh Sting dan try di tengah lapangan.. 7-0 untuk banteng..

Bobby kemudian masuk menggantikan Yudha dibabak kedua dan mengimbangi setiap serangan musuh.. Permainan kemudian mendadak menjadi tegang setelah Sting berhasil mencuri try dengan solo run half back mereka dari blind side scrum, namun gagal convert sehingga skor 7-5 untuk banteng. Tercatat beberapa kali permainan harus dihentikan karena kerasnya aksi kedua team. Namun Daniel, Denny dan Bobby tidak memberi ampun musuh dengan tackle-tackle keras.. sehingga skor tetap bertahan hingga akhir pertandingan..

 

Jakarta Banteng vs Bali Development

Pertandingan yang berlangsung jam 8.30 malam ini mengingatkan kita dengan suasana lapangan latihan kita di simprug.. dengan keyakinan banteng adalah rajanya permainan malam hari, banteng mengistirahatkan bobby, yudha, aaron dan bahrul.. dan turun dengan susunan forwards Ebozz, Denny, Rusman, Daniel, Alton. Backs melakukan perubahan dengan memainkan teguh di half back, dan selebihnya adalah Sam, Andrew, Fendy, Akmal.

Mendadak pertandingan dilangsungkan dengan uncontested scrum dengan alasan forwards bali development kurang pengalaman.. kita mencoba mengerti dan memberikan kelonggaran kepada mereka.. namun ternyata beberapa pemain bali bermain curang dan mengotori game tersebut… sehingga denny, rusman dan alton mengamuk dan menekan bali development sampai setelah beberapa phase daniel mendorong kita ke 10 m disudut kanan try line mereka dan backs kita sudah siap melebar untuk menghabisi serangan ini. Mereka berusaha menyebar ke kiri dan saat teguh melakukan pass ke Sam, mendadak Sam kembali masuk ke blind side musuh, menarik beberapa defender mereka untuk mengejar dia dan Sam pass ke arah blind side lagi. Ternyata bola itu diterima oleh denny yang berlari di garis pinggir lapangan! Semua pemain kaget (termasuk kita yang di pinggir lapangan) karena denny berlari seperti wing! Dua pemain musuh berusaha menutup langkah denny dan mendadak denny melakukan side step yang sangat indah, memotong kedalam lapangan sehingga kedua pemain terjungkal tersandung kaki sendiri dan denny dengan tenang dive ke try line mereka. Angkle breaker banget!! Semua orang terkejut dengan gerakan ‘hooker-left-step’ itu dan bersorak kegirangan.. 5 – 0 untuk banteng! (considered as one of the best banteng-try of the year)

Setelah seluruh penonton terkesima dengan ‘Hooker – Left Step’ ini..  Dalam setiap kesempatan penalty, kita selalu mengambil quick tap dan mendadak alton kembali menggebrak dengan mengambil quick tap 10 meter dari try line bali dan tertahan oleh musuh! Kami semua sempat kaget dan sempat meneriakkan “jangan sampai salah garis ton!!” ternyata teriakan ini membikin alton bersemangat dan alton tidak jatuh setelah ditackle 2 forwards gede bali.. dalam hitungan sepersekian detik, daniel dan rusman langsung bergabung dalam maul ini dan mendorong bali ke belakang sehingga Try kedua ini pun terjadi.. well deserved try untuk alton… yang berharap semua orang akan melupakan Try pertama nya pada game pertamanya..

Banteng kembali mengamuk di babak kedua setelah memasukkan fresh legs Bayu, Edo dan Ferdy. Denny, Bocil pun kemudian masuk dan langsung menunjukkan bahwa dia tidak boleh dipandang enteng oleh pemain bali development. Bocil melepas keperjakaannya di banteng rugby dengan tackle keras ke wing musuh yang lebih besar dari dia.. si musuh sampai sekarang pasti masih susah tidur mengingat bocil dengan tackle nya…

Dari fumble nya bali development di garis tengah mereka.. fendy berhasil menendang bola hingga ke garis try line bali dev… beberapa pemain bali dev sudah berusaha berlari sekuat tenaga namun mendadak ada seorang pemain banteng yang mendadak melompat mengejar bola dan perfect dive untuk mencetak Try colongan untuk banteng!! Terdengar jelas  oleh kami pemain banteng ini dive sambil meneriakkan “ untuk kakak pertamaa!!” Ternyata daniel tidak rela kalau tidak mencetak try di setiap game..  Denny ‘kakak pertama’ pun tersenyum bahagia di pinggir lapangan… pertandingan berakhir dengan skor 17-0 dan banteng menyudahi pertandingan di hari pertama ini dengan tidak terkalahkan..

 

Recovery session dilakukan dengan bahagia di kolam renang hotel Karthi.. sambil diskusi permainan hari ini.. insiden2 kemudian muncul disaat yudha menelanjangi akmal dan melempar celananya ke lantai 2 hotel… ilustrasi foto dapat dilihat di album foto beberapa teman di situs jejaring sosial yang sering disebut dengan fb.. 

 

Minggu, 11 October 2009.

karena ingatan yang terbatas pada hal2 yang ingin super coach ingat, hari ini berlalu singkat dan kita akhirnya kalah di semi final melawan papua koteka.. 

 

kita pulang dengan bangga dan pelajaran yang sangat banyak.. salute ke semua anak2 banteng! dan buat WAGS yang datang ke bali!!