Sejarah tercipta: Surabaya Rugby!

by Tito Vau

Sabtu cerah, 12 November 2011 di Kota Pahlawan Surabaya… Di aula SMA St. Maria telah berkumpul puluhan siswa dengan mata penasaran tertuju pada layar yang sedang menunjukkan highlights video rugby.
Decak kagum terdengar ketika tackle terlihat & sorakan menggema ketika pemain di layar melakukan sidestep & runaway try…
Itulah suasana awal “Surabaya Rugby Workshop” yang diadakan Surabaya Rugby Club bekerjasama dengan Jakarta Banteng Rugby Club.

Setelah pemberian satu jam teori mengenai Rugby dari Fikri, Tito & Daniel serta sesi tanya jawab singkat, para peserta semakin antusias untuk mencoba Rugby karena sudah hilang salah paham bahwa Rugby hanya dapat dimainkan oleh orang berperawakan tinggi dan besar.

Workshop kemudian berpindah ke Lapangan Brawijaya dimana 54 siswa SMA St Maria ditambah sekitar selusin pemain Surabaya Rugby Club mengikuti teknik praktek passing, tackling, kicking, ruck & maul, scrum dan lineout. Sungguh bersemangat para peserta meskipun terik panas menyengat matahari Surabaya yang terkenal terus menemani!

Bagian acara yang ditunggu-tunggupun tiba… Pertandingan Rugby Tens antara para pesertapun berlangsung dengan sangat meriah diiringi sorak sorai mereka yang menonton.

Meskipun lebih bersifat pertandingan ‘coba-coba’ dimana wasit Daniel dan pelatih Fikri & Tito sering memberikan koreksi terhadap peraturan maupun teknik permainan, tetap saja terasa serunya suasana kompetitif namun sportif dari sebuah pertandingan rugby sungguhan! Tim ‘Tomo Joyo’ berhasil menang dengan unggul 2 try atas tim ‘Sanmar’ yang keduanya dicetak oleh bakat baru Rugby, Ade!

Pada pertandingan eksibisi di penghujung acara, Tim ‘Old Banteng Young Bulls’ juga berkesempatan main melawan ‘Surabaya Rugby’ dan pertandingan sengit berlangsung diantara kedua team. Kemenangan hari itu adalah milik Rugby Indonesia karena sejarah telah tercipta dimana Rugby pertama kali dimainkan di Bumi Surabaya..

“Kami terkejut juga bahwa peserta membludak begitu banyaknya,” kata Putu selaku Ketua Surabaya Rugby, “kami bagaikan mendapatkan semangat baru selain antusiasme luar biasa melihat anak-anak muda Surabaya berpartisipasi pada acara ini. Kita akan segera atur latihan rutin dan mengembangkan di kalangan SMA dan juga Universitas di Surabaya. Pantau terus perkembangan kami di twitter @SurabayaRugby! Terimakasih banyak Jakarta Banteng yang sudah mau datang untuk acara ini! Kami akan segera melaksanakan kunjungan balasan!”

“Jakarta Banteng sudah mengembangkan Rugby di Jakarta sejak beberapa tahun yang lalu. Terobosan baru kami tahuni ini adalah kami berani melangkah lebih jauh untuk membantu Surabaya Rugby.” sambung Fikri, “Kami sangat terkejut melihat besarnya potensi yang dimiliki oleh Surabaya. Semua anak memilki potensi besar dan kita tidak akan kaget kalau dalam waktu dekat Surabaya Rugby akan menjadi rival berat Jakarta Banteng dalam turnamen Rugby di Indonesia!”

Maju terus Surabaya Rugby! Terimakasih telah mengundang JBRC… Mudah-mudahan kita dapat berjumpa lagi secepatnya!

2 thoughts on “Sejarah tercipta: Surabaya Rugby!

Comments are closed.