Banteng Muda: Piala Perdana!

Oleh: Daniel R Nugroho (coach Banteng Muda)

Seperti bimbingan kakak kepada sang adik, Banteng Muda membalasnya dengan membawa pulang kemenangan untuk keluarga. Di pagi dengan sinar matahari yang terik, 13 pemain Banteng Muda berasal dari berbagai sekolah di Jakarta seperti Al-Chasanah, Global Jaya, JIS, Politeknik Negeri Jakarta dan SMFK Penabur menjadi tim pertama yang hadir di lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH) Karawaci. Hasrat dan keinginan yang kuat untuk memenangkan pertandingan sudah terlihat sejak pagi itu, ketika melakukan pemanasan. Banteng Muda berhadapan dengan 4 sekolah internasional pada turnamen antar pelajar tahunan, SPH Rugby 7s Tournament 2012.

Dimulai dengan pertandingan pertama melawan Global Jaya International School (GJIS), Banteng Muda berhasil mencetak try pertama oleh sang kapten Banteng Muda, Ari Yudha Pramono (Yucil) sekaligus sukses mengeksekusi tendangan conversion. Try tersebut membakar semangat Banteng Muda dan terus mengendalikan permainan. Menjelang pertandingan usai, GJIS berhasil memperkecil ketinggalan dan mengakhiri pertandingan dengan skor akhir 20-5. Hasil awal yang baik bagi Banteng Muda.

Pada pertandingan kedua melawan Jakarta International School (JIS), Banteng Muda tetap konsisten menekan pertahanan lawan. JIS pun sempat tertinggal 14-0 hingga mengganti 7 pemainnya sekaligus. Perlawanan pun sangat sengit hingga JIS menyeimbangkan kedudukan. Namun tendangan kick off di awal babak kedua yang mencapai sisi pojok lapangan berhasil dikejar dan try pun dicetak oleh Fariz. Banteng Muda menyudahi pertandingan kedua dengan skor kemenangan 26-19!

Selanjutnya Banteng Muda berhadapan dengan juara bertahan turnamen antar sekolah sebelumnya, The Lycee International Francais School atau yang juga disebut Ayam Legend. Ayam Legend dengan kombinasi pemain yang berpostur tubuh lebih besar dan cepat sempat menyulitkan penyerangan tim Banteng Muda. Namun dengan strategi crash ball running, forward Banteng Muda berhasil menyedot pemain lawan ketika ruck dan maul, selanjutnya Yucil sebagai link man memberikan bola kepada backs dan bermain lebar. Skor akhir tipis, 14-7 untuk kemenangan Banteng Muda!

Dengan 3 kali kemenangan, Banteng Muda berada di puncak klasmen dan dipastikan melaju ke final, kami memutuskan untuk mengistirahatkan beberapa pemain pada pertandingan penyisihan terakhir melawan British International School (BIS). BIS mendominasi dan memenangkan pertandingan dengan skor akhir 28 – 14. Walaupun demikian, Banteng Muda tetap menunjukkan perlawanan yang sengit dengan terciptanya try di sisi sempit pinggir lapangan oleh Dicky, pemain yang baru mengenal rugby kurang lebih 6 bulan.

Pada partai final, Banteng Muda kembali berhadapan dengan The Lycee International Francais School (Ayam Legend). Pertandingan Final memang selalu lebih berat dari pertandingan lainnya. Ayam Legend terasa lebih agresif dalam penguasaan bola, sekaligus mencetak try pertama. Banteng Muda tidak mau ketinggalan dengan terus menekan pertahanan lawan. Banteng muda dan Ayam Legend terus saling mengejar angka, hingga skor 14-14 menutup babak pertama. Permainan pun semakin ketat pada babak kedua. Penentuan kemenangan berada dipenghujung babak kedua, ketika memasuki menit ke 6, Romario berhasil menerjang barisan pertahanan lawan dengan crash ball running sekitar 10 meter dari try line. Sukses dan akhirnya Banteng Muda menutup pertandingan final dengan skor 19-12. Salute untuk team Ayam Legend atas pertandingan yang ketat dan berjalan baik.

Banteng Muda berhasil membuat sejarah baru dan membawa pulang piala Cup pertama di level Junior untuk Jakarta Banteng Rugby Club. Tidak tertinggal juga selamat kepada Ari Yudha Pramono yang dinobatkan sebagai MVP.

Sejarah tercipta pada hari itu, Banteng Muda berhasil menjuarai turnamen antar sekolah untuk pertama kalinya. Terima kasih atas dukungan para senior Banteng yang membimbing ketika persiapan fitness dan strategi. Tidak lupa kami berterima kasih yang kepada sponsor Britmindo dan Medikaloka yang turut mendukung visi Banteng mengembangkan rugby di Jakarta dan Indonesia.

This entry was posted in News and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.